BLOG RIDWAN

selamat datang di 'Blog Ridwan' MEDIA MENULIS TANPA
BATAS semoga blog ini berguna sebagai media informasi

  Members Login

  Search

Saat ini INFORMASI yang anda butuhkan mungkin tersedia di www.caratasi.com
silahkan menuju blog baru saya dan dapatkan informasi lengkap yang anda butuhkan klik disini

Selasa, 05 Agustus 2008

loans-Sukses Berbisnis dengan ATM

Apakah saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk berwirausaha? Jika ya, tentu langkah pertama adalah menemukan ide usaha. Sayangnya, peluang usaha tidak mudah didapatkan. Banyak orang gagal berwirausaha lantaran salah menentukan ide usaha. Mungkin juga Anda pernah mengalaminya.
Kegagalan, apalagi bila disertai resiko kehilangan modal yang besar, memang menjadi momok bagi pelaku usaha. Gagal, bukan berarti angka mati bagi wira usahawan sejati. Namun, tidak semua orang memiliki sikap mental positif untuk menerima kenyataan gagalnya usaha.
Salah satu penyebab kegagalan adalah menjalankan usaha karena ikut-ikutan atau “me too”. Saat sedang trend pisang pontia, maka orang berlomba-lomba membuat gerai yang sama. Begitu juga saat usaha refill air minum sedang naik daun, bisa dipastikan bermunculan gerai ini di mana-mana. Lalu, apa yang terjadi? Banyak pemain menyebabkan peminat terbagi dan omzetpun menurun. Belum lagi saat trend berganti, usaha “me too' seperti inipun banyak yang jatuh berguguran.
Lantas apa yang sebaiknya kita lakukan? Gunakan saja metode ATM = Amati, Tiru, dan Modifikasi. Maksudnya adalah sah-sah saja bila mengamati dan meniru bisnis lain. Tapi, jangan lupa memberikan modifikasi pada usaha yang dijalankan tersebut. Modifikasi dilakukan dengan jalan menyesuaikan bisnis dengan kondisi yang ada. Alasannya, setiap kondisi bisnis yang berbeda akan memiliki masalah yang berbeda. Metode inipun dijalankan oleh kebanyakan industri di China dan Jepang. Seringkali mereka berhasil memodifikasi sehingga bisa menghasilkan barang baru yang lebih canggih ketimbang barang aslinya.
Metode ATM juga diterapkan oleh Dahlan Iskan dalam membesarkan grup usaha Jawa Pos dan usaha penerbitan koran daerahnya. Apa yang dilakukannya? Salah satunya dalam riset pasar. Umumnya, untuk meneliti potensi pasar suatu daerah, tentunya dibutuhkan riset mendetail dan biaya yang besar. Nah, Dahlan menjadikan langkah ekspansi sebuah bank swasta ternama sebagai patokan dalam menilai potensi pasar suatu daerah. Bila suatu daerah belum ada cabang bank swasta tersebut, Dahlan pasti tidak akan memasukkan daerah itu sebagai sasaran ekspansi usahanya. Cara ini rupanya cukup manjur. Terbukti dalam waktu relatif singkat, Jawa Pos sudah meraja di daerah-daerah seluruh Indonesia.
Simak juga pengalaman Faif Yusuf yang kini tengah melenggang dengan bisnis Kafana Distro-nya. Saat memulai usaha pertama kali, bisa dikatakan ia termasuk ikut-ikutan, tapi kemudian usaha itu gagal. Belajar dari kegagalan itu, Faif pun berupaya membangun bisnis baru dengan menerapkan metode ATM. Ia membuka Kafana Distro yang menjual berbagai pakaian muslim. Sebelumnya, Faif terlebih dahulu mengadakan tes pasar, menguji kelayakan usaha, kemudian juga menganalisis matching atau tidaknya bisnis dengan kondisi yang ada. Langkah ini dimulai dengan memasarkan pakaian muslim dari rumah. Karena respon pasar bagus, jadilah ia mendirikan Kafana Distro di bulan Maret 2007 lalu.
Namun, Faif menyadari bahwa banyak sekali pemain dalam usaha sejenis. Lantas ia pun menawarkan sesuatu yang berbeda pada konsumen. Ini sebagai nilai tambah hasil modifikasi bagi usahanya. Ia menyediakan layanan pelatihan singkat cara memakai jilbab pada pembelinya. Juga siap melayani pesanan dengan desain dari pelanggan.
Karena demikian hemat dan ringkas, metode ATM ini sangat dianjurkan bagi pengusaha pemula atau karyawan yang ingin merintis usaha sampingan. Apalagi jika memutuskan menjadi follower, bukan trendsetter. Karena, selain lebih mudah, juga membutuhkan modal tidak terlalu besar. Bayangkan bila membuka usaha yang sama sekali baru, tentu dibutuhkan riset yang mendalam dan mahal. Juga, pastinya lebih mudah memodifikasi ketimbang menciptakan sesuatu yang baru.Misalnya saja Anda ingin membuka warung makan kaki lima. Amati dulu warung makan yang laris. Temukan rahasia dan strateginya. Setelah itu, berikan nilai tambah sebagai modifikasinya. Apakah dengan memberi layanan yang cepat, harga lebih murah, tempat lebih bersih dan menu yang sehat serta hygienis.Mungkin juga ada layanan antar bagi pelanggan yang malas keluar rumah?
Nah, saatnya Anda mencoba metode ATM ini. Anda pasti akan mendapatkan banyak ide usaha dengan melakukan brainstorming cara-cara memodifikasi usaha yang Anda pilih. Selamat berusaha.Pump your spirit!

Dessy DanartiPenulis buku “Dari Hobi menjadi Hoki” (Penerbit Andi, 2005) Diskusikan berita ini di Diskusi BeritaNET.com



free search engine website submission top optimization Add to Technorati Favorites Add to Technorati Favorites KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Indonesia To Blog -Top Site Blog Kita Software Submit .NET - FREE and PREMIUM search engines submission and software submission and software promotion service.Praca - oferty pracy - og?oszenia - praca na zlecenie Join My Community at MyBloglog! Search Engine Optimization - AddMe http://www.mybloglog.com/buzz/join_comm.php?ref_id=2008061313570215 Undergoing MyBlogLog Verification Add to Technorati Favorites Blog Directory Vote for Us: Blog Directory Listed on: Blog Directory Link Exchange Web & Blog Directory of Top Sites Dmegs.comSEO friendly web directory of top sites & blogs, best viewed on firefox download browser free. Dmegs directory organized by topic into categories and presented according to relevance of website. Subscribe in a reader FreeWebSubmission.com Optimized by Software Submit.NET search engine submission Get ahead with an online degree from a fully accredited online college. free search engine submission
Dewahyoez: Music Background



Search Engine Optimization and SEO Tools

Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits!
africa travel forex free search engine submission Statistics prove that education pays off. You can increase your earnings with an online degree from an online college. search engine submission

saat ini Saat ini INFORMASI yang anda butuhkan mungkin tersedia di www.caratasi.com
silahkan menuju blog baru saya dan dapatkan informasi lengkap yang anda butuhkan klik disini


Adsense Indonesia
Jaringan Iklan Online

Copyright ©2003 CompanyName.com